Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

WANA WISATA SUNGAI CIDOMAS, WISATA ALAM EKSOTIS TERSEMBUNYI DI PURWAKARTA

WANA WISATA SUNGAI CIDOMAS, WISATA ALAM EKSOTIS TERSEMBUNYI DI PURWAKARTA

Wana Wisata Sungai Cidomas merupakan sebuah objek wisata alam yang menampilkan keindahan sungai. Bukan sembarang sungai di pedesaan, sungai yang satu ini memiliki pesona yang memikat banyak wisatawan. Salah satu pesonanya adalah warna airnya yang cantik, hijau kebiru-biruan. Suasana di sekitar sungai juga begitu damai dan asri. Lokasi Wanawisata Cidomas berada di kaki Gunung Burangrang. Secara administratif berada di Jl. Wanayasa, Desa Babakan Garokgek, Kampung Cidomas RT 01/01, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta, Jawa Barat.

 

Wana Wisata Sungai Cidomas memiliki daya tarik berupa warna air yang hijau kebiru-biruan. Sebenarnya, warna airnya sama seperti air pada umumnya, yakni jernih. Namun, pantulan sinar matahari, hijaunya pepohonan di sekitar yang begitu rimbun, dan birunya langit menghasilkan warna air yang cantik. Warna airnya tercipta dari proses alami sehingga begitu memanjakan mata siapapun yang memandangnya. Rimbunnya pepohonan di tepi sungai juga menambah kesegaran alam yang memberi kedamaian dalam pikiran. Suasana sejuk dan asrinya akan menjadi obat bagi kamu yang lelah dengan hiruk pikuk perkotaan.  Gemericik air yang terdengar dari sela-sela bebatuan dan tebing kecil seolah membawa jiwa menyatu dengan alam. Panorama sungai yang eksotis juga bertambah dengan adanya curug-curug kecil yang mengalir.

 

Wisata Sungai Cidomas tak hanya sekadar bisa kamu nikmati hanya dengan memandangnya saja. Objek wisata ini mempersilakan wisatawan dan siapapun yang datang untuk menikmati kesegaran air sungainya dengan cara berenang. Kedalaman sungai ini bervariasi, mulai dari yang dangkal, 2 meter, hingga 4 meter. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati saat berenang, apalagi jika membawa anak-anak. Ada beberapa spot berenang yang luas dan dengan air yang berwarna indah tanpa bebatuan di tengah sungai. Wisatawan bisa langsung berenang dan menikmati kesegaran airnya yang cenderung dingin. Hal tersebut karena air sungai ini berasal dari sumber mata air alami di Gunung Burangrang. Air akan bertambah dingin saat pagi dan sore hari. Bermain air dan berenang di Wana Wisata Sungai Cidomas akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Wisatawan  juga bisa melakukan body jumping dari ketinggian, bisa dari batu besar atau bambu yang sengaja pengelola sediakan. Jangan lupa untuk berswafoto di sana dengan backgorund pemandangan sungai yang indah.

 

Lokasi objek wisata ini berada di kaki Gunung Burangrang, Purwakarta. Tepatnya beralamat di Kampung Cidomas RT 01/RW 01, Desa Babakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41175. Melansir nativeindonesia.com, lokasi Wana Wisata Sungai Cidomas ini berjarak sekitar 7 kilometer dari Situ Wanayasa. Pengunjung bisa mengarahkan kendaraan menuju wisata Situ Wanayasa, lalu lanjutkan perjalanan ke arah Subang. Ambil jalan menuju Jalan Cagak ke arah Garokgek, teruslah melaju hingga menemukan Islamic Center Garokgek (ICG). Selanjutnya, belok kiri ke Wana Wisata Sungai Cidomas. Setelah sampai di area parkir, pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk sampai di sungai. Jarak tempuhnya sekitar 500 meter dengan jalur jalan setapak berupa tanah yang rata tertata. Di sepanjang perjalanan, wisatawan akan melihat rimbunnya pepohonan dan perkebunan pala serta buah-buahan lainnya. berhati-hatilah saat berjalan kaki, apalagi saat hujan turun, tanah akan sangat licin.

 

Objek wisata Wana Wisata Sungai Cidomas menerima pengelolaan dari warga setempat sehingga fasilitasnya pun belum cukup memadai. Namun, untuk fasilitas area parkir, warung makan, toilet, dan saung telah tersedia. Adapun harga tiket masuknya adalah gratis alias tidak ada tarif khusus. Wisatawan bisa memberikan uang seikhlasnya pada penjaga wisata yang juga merupakan warga di sana. Tak hanya tiket masuk, biaya parkir pun tidak ada tarif khusus. Wisatawan bisa memberi uang seikhlasnya sebagai jasa penitipan kendaraan. Untuk jam operasionalnya, objek wisata ini tidak memiliki jam resmi. Namun, waktu terbaik mengunjunginya adalah saat siang hari dengan cuaca cerah. 

 

Keindahan warna air yang hijau kebiruan menjadikan Wana Wisata Sungai Cidomas menyandang julukan sebagai The Blue River of Purwakarta. Eksotisme alam yang begitu kental dengan suasana asri dan udara yang bersih membuatnya menjadi destinasi yang layak untuk kamu kunjungi. Namun, jangan lupa untuk menjaga kebersihan, tata krama, jangan buang air sembarangan, dan tetap menjaga kelestarian alamnya, ya!

 

 

-bkpparakangarokgek79 

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *