Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

HEBAT!!!!, BUMDES SASAKA DOMAS SEBAGAI FONDASI PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA PARAKAN GAROKGEK

HEBAT!!!!,  BUMDES SASAKA DOMAS SEBAGAI FONDASI PENINGKATAN  PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA PARAKAN GAROKGEK

Badan Usaha Milik Desa atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan sebutan BUMDes adalah badan yang dibentuk oleh pemerintahan desa atas dasar Musyawarah Desa dengan tujuan untuk membantu peningkatan ekonomi di Desa Setempat. Selain bisa meningkatkan ekonomi di desa, Badan Usaha Milik Desa juga bisa membuat desa tersebut dikenal oleh banyak orang dengan cara menggali berbagai potensi yang bisa dijadikan keunggulan atau Khas Desa tersebut.

 

Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta merupakan salah desa yang memiliki Badan Usaha Milik Desa dengan Nama "SASAKA DOMAS PARAKAN GAROKGEK" yang Didirikan Pada Akhir Tahun 2017, Dan saat ini aktif menjalankan Usaha Serta Mengikuti Berbagai kegiatan bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa DPMD Kabupaten Purwakarta Bidang PUED. Saat ini BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek menjadi salah satu fondasi pengembangan ekonomi Masyarakat di desa parakan garokgek. Walaupun pada Awal Pembentukan sempat mengalami Vakum yang disebabkan belum adanya regulasi yang jelas pada periode tersebut.

 

Pada Tahun 2022 Akhir menjadi titik balik pengaktifan BUMDes Di desa Parakan Garokgek yang ditandai pemberian kantor BUMDes yang berada di lingkungan Kantor Desa Parakan Garokgek Oleh Pemerintah Desa. Hal tersebut menjadi keunggulan karena kegiatan pengadministrasian BUMDes bisa berjalan baik.
BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek mempunyai 2 Unit Usaha yakni
1. Pinjam modal UMKM dan Pertanian.
2. Peternakan Domba.
Alasan dibalik pemilihan Usaha tersebut yang pertama adalah Bahwa Kedua Usaha itu sesuai dengan Ad & Art BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek yang telah disahkan oleh Musyawarah dengan melihat potensi yang dimiliki desa, Alasan Kedua yaitu bahwa Kedua Usaha tersebut sudah melalui Proses Analisa Laba Rugi yang dilakukan Oleh Pengurus BUMDes.  "Jangan sampai BUMDes mengalami kerugian” ujar Salah satu Pengurus BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek Bapak Rudiana Efendi, S.E.

 

Sejak pengaktifan pada tahun 2022 kinerja BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek terus mengalami peningkatan yakni dari produk pinjam modal dengan bunga kecil sampai saat ini terdapat 27 orang yang terbantu usaha UMKM dan pertaniannya dimana tahun sebelumnya hanya 20 orang saja. Dilihat dari peningkatan tersebut BUMDes sudah menjadi roda penggerak perekonomian khususnya sektor UMKM dan Pertanian. Dengan bantuan modal diharapkan para pelaku UMKM dan petani dapat mengembangkan usahanya utuk semakin maju dan dapat berkembang sampai dinilai sukses dan mandiri.

 

Selain terus mengalami peningkatan, Pengelolaan BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek dinilai “HEBAT” oleh Masyarakat, karena bisa mengolah Anggaran minim untuk membantu Permodalan pelaku UMKM dan Para Petani serta menjalankan Usaha Peternakan Domba. BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek sendiri pernah mengikuti beberapa kegiatan mewakili BUM Desa  se-Purwakarta antara lain :
1.    Tahun 2022 Mengikuti Pameran di  TTG Nusantara XXIII ( teknologi tepat guna ) yang di laksanakan di Cirebon bersama DPMD Kabupaten Purwakarta.
2.    BUM Desa Sasaka Domas Mengikuti SABISA ( sekolah bisnis desa) Sektor Bisnis Sirkular yang diadakan Dinas PMD Provinsi Jawa Barat bersama DPMD Kabupaten Purwakarta yang berlokasi di Lembang Bandung.
3.    Mengikuti Bazar ( pasar leuweung) yang diadakan oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Purwakarta bersama DPMD Kabupaten Purwakarta.

 

Hasil dari beberapa kegiatan tersebut menjadikan BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek dikenal aktif sehingga ada beberapa pihak yang ingin melakukan kerja sama usaha, salah satunya PT. Best Farm yang sudan melakukan komunikasi dengan BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek untuk melakukan kerjasama Pertanian di bidang Penjualan Pupuk dan Obat-obatan Pertanian. BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek Juga Salah Satu BUM Desa di Purwakarta yang sudah memiliki legalitas Kemenkuham, dan ini salah satu keunggulan yang bisa di banggakan, karena belum semua BUM Desa di kabupaten Purwakarta memiliki legalitas tersebut.

 

Atas Keaktifan BUM Desa Sasaka Domas Parakan Garokgek, perlu adanya bantuan pengembangan usaha berupa modal dari PemKab Purwakarta sehingga lebih memaksimalkan kinerja untuk mewujudkan Masyarakat yang sejahtera dan mandiri khususnya di Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *